BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

BENARKAH KURIKULUM MERDEKA JADI KURIKULUM NASIONAL?

Sejak diluncurkan pada tahun 2022, kini lebih dari 300 ribu satuan pendidikan telah menerapkan Kurikulum Merdeka secara sukarela. Data Asesmen Nasional tahun 2021-2023 menunjukkan dampak positif penerapan Kurikulum Merdeka. Lebih lanjut, hasil Rapor Pendidikan tahun 2023 menunjukkan bahwa satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka mengalami peningkatan literasi, numerasi, karakter, inklusivitas, dan kualitas pembelajaran. Terkait hal tersebut, pemerintah berencana menetapkan Kurikulum Merdeka secara nasional guna memberikan kepastian arah kebijakan pendidikan.

Pada tanggal (27 Maret 2024), telah berlangsung perilisan Permendikbudristek no. 12 tahun 2024 tentang kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah yang selanjutnya disebut Kurikulum Merdeka. Dengan ini, Kurikulum Merdeka telah resmi diterapkan secara nasional dan bertahap sesuai kesiapan masing-masing satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Mari simak poin-poin pentingnya melalui tautan berikut: https://s.id/Portal-Informasi-IKM2024 guna membantu Bapak dan Ibu dalam mempersiapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan Anda.

Bagi satuan pendidikan yang belum mendaftar Kurikulum Merdeka, mari baca Permendikbudristek nomor 12 tahun 2024 secara utuh di https://kurikulum.kemdikbud.go.id/rujukan untuk dapat menentukan periode implementasi Kurikulum Merdeka sesuai kesiapan satuan pendidikan Anda.

Anda juga dapat melihat Alur Implementasi Kurikulum Merdeka setelah Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024.

Posting Komentar untuk "BENARKAH KURIKULUM MERDEKA JADI KURIKULUM NASIONAL?"