BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

PENGIMBASAN SERI - 5 = Kolaborasi SOPI KAPALA dengan JEPA di Maluku

   JEPA MENUJU MALUKU BERKOLABORASI DENGAN SOPI KAPALA

Jauh sebelum ada teknologi informasi, negara kita telah memiliki kearifan lokal yang secara turun menurun telah dikembangkan dan digunakan oleh nenek moyang kita. Hampir semua daerah di wilayah negara kita memiliki kearifan lokalnya sendiri – sendiri. Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan kearifan lokalnya, hal ini bisa dilihat dari jumlah suku bangsa dan bahasa yang terdapat di Indonesia.

Dengan kemampuan teknologi informasi yang sangat pesat dalam menyebarkan informasi berupa data, suara, dan video, sebenarnya dapat kita manfaatkan dalam penyebaran informasi yang berkaitan dengan kearifan lokal. Dengan demikian diharapkan kearifan lokal dapat disosialisasikan dengan mudah dan cepat kepada masyarakat luas, khususnya insan pendidikan. Sedangkan dari sisi kearifan lokal sendiri dapat berfungsi sebagai identitas atau jati diri suatu bangsa atau daerah pada khususnya di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi. Dengan demikian, efek negatif dari pesatnya kemajuan teknologi informasi dapat ditekan sedemikian rupa. Di samping itu hasil kolaborasi dari kearifan lokal dan teknologi informasi juga dapat menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan kearifan lokal suatu daerah ke jangkauan yang lebih luas.

Salah satunya, kegiatan yang kami laksanakan pada kamis, 11 November 2021 kami berkolaborasi dengan para Sahabat Rumah Belajar (SRB) dari Provinsi Maluku yang bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Provinsi Maluku.

Tema kegiatan tersebut adalah : “SIWALIMA Membangun Negeri bersama SOPI KAPALA dan JEPA 

Tema ini diangkat sebagai bentuk kolaborasi dua kearifan lokal yang berbeda dan berasal dari daerah yang berbeda. Sopi Kapala identik dengan minuman yang merupakan salah satu kearifan lokal dari wilayah Maluku, sedangkan Jepa adalah sejenis makanan/panganan yang berasal dari wilayah Sulawesi Barat.

Jadi sangatlah pas, mengkombinasikan dan mengkolaborasikan keduanya, antara makanan dan minuman. Hal itu sesuai yang kemudian kita harapkan dari kegiatan ini, dimana berkolaborasi dan berbagi tidak hanya di lingkungan terdekat kita, akan tetapi kita harus berusaha menjangkau seluas - luasnya sehingga dapat memberi manfaat seluas - luasnya.

Kegiatan yang berlangsung secara virtual melalui zoom-meet yang dihadiri oleh 41 orang peserta berlangsung dari pikul 19.00 WIT. Susunan acara pada kegiatan ini sebagai berikut :

1.    Pembukaan oleh host

2.    Menyanyikan lagu Indonesia Raya

3.    Menyanyikan Mars IGI

4.    Sambutan oleh Ketua IGI Provinsi Maluku Bapak Ode Abdurrachman

Sambutan oleh Ketua IGI Wilayah Prov. Maluku

    5.    Sambutan oleh perwakilan PTP Pusdatin bapak Saleh Sarifuddin sekaligus membuka kegiatan

6.    Motivasi dari DRB 2018 Maluku Ibu Gruie N Molle

7.    Motivasi dari DRB 2019 Maluku Ibu Kajuliven Wattimena

8.  Materi yang dipandu oleh Moderator ibu Sarlota Marlia Istia, dengan susunan materi :

-      PembaTIK dan Portal Rumah Belajar oleh Ibu Helena E. Batmomolin, S.Pd.

-      Belajar dan Bermain dengan Edugame oleh Bapak Budi Santoso, S.Pd.,Gr.

-    Integrasi BSE dalam membuat Modul interaktif dengan Canva oleh Febrianto, S.Pd.,Gr.

-     Augmented Reality oleh Ibu Imaniar Rahmi Utami, S.Pd.,Gr.

-     Wahana Jelajah Angkasa oleh Ana Anita Silitubun, S.Pd.

- Membaca Intensif dan Ekstensif dalam Pembelajaran oleh Josephina Masneuw Janwarin, S.Pd.

9.    Tanya – jawab

10. Kuis

SRB Melaksanakan pengimbasan

DOKUMENTASI SELENGKAPNYA DAPAT DILIHAT DI SINI

 

Posting Komentar untuk "PENGIMBASAN SERI - 5 = Kolaborasi SOPI KAPALA dengan JEPA di Maluku"