BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

PENGIMBASAN SERI - 4 = JEPA Menyapa KKG Ki Hajar Dewantara

 JEPA MENYAPA KKG – KI HAJAR DEWANTARA

Pembukaan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Mamuju Tengah

Perkembagan ilmu pengetahuan dewasa ini mengharuskan dunia pendidikan untuk selalu meningkatkan peningkatan mutunya. Pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan ditujukan untuk membentuk manusia yang terdidik yang berguna dalam kehidupan masyarakat. Untuk membentuk manusia yang terdidik tersebut dilakukan berbagai cara upaya oleh berbagai pihak, salah satunya yang dilaksanakan oleh Sahabat Rumah Belajar berkolaborasi dengan salah satu Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kabupaten Mamuju Tengah.

Agar proses pendidikan berjalan dengan baik, maka kita perlu mendaya gunakan berbagai disiplin ilmu pendidikan, diantaranya penerapan teknologi pendidikan dalam sistem pendidikan. Penerapan teknologi pendidikan merupakan salah satu cara yang dapat ilakukan untuk mengatasi kelemahan pendidikan selama ini yang dilakukan secara klasikal.

Dengan munculnya teknologi pendidikan. Khususnya teknologi komunikasi dalam proses pendidikan akan melahirkan berbagai macam kegiatan dari pendidikan. Belajar yang dilakukan pada penerapan teknologi pendidikan akan menampilkan bentuk lain dari pada belajar yang kita kenal sekarang, dimana belajar secara klasikal dan menitik beratkan kepada peranan guru sebagai penyampaian informasi yang utama.

SRB menjelaskan tata cara pemanfaatan Portal Rumah Belajar

Berangkat dari kondisi tersebut, pada hari Kamis, 11 November 2021 kami Sahabat Rumah Belajar (SRB) – (Febrianto dan Hasrullah) berkolaborasi dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) Ki Hajar Dewantara Kecamatan Topoyo, kami melaksanakan pengimbasan terkait Jelajah Edukasi Pembelajaran Asyik (JEPA) dengan memanfaatkan Rumah Belajar dan akun belajar.id dalam proses pembelajaran.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju Tengah. Selain Kepala Dinas juga hadir Sekretaris Dinas, Kepala Bidang SD, Kepala Bidang Ketenagaan, Kepala Seksi Kurikulum SD, Korwil Kec. Topoyo, Pengawas SD Wilayah 1 Topoyo.

Pada kegiatan hari pertama ini hadir 43 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru wilayah Kecamatan Topoyo dan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 wita s/d pukul 15.00 wita di Aula SMP Negeri 6 Topoyo tersebut berlangsung dengan interaktif terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti dan mendemonstrasikan langsung materi yang dibawakan oleh Sahabat Rumah Belajar. Beberapa materi yang cukup menarik bagi peserta adalah pemanfaatan fitur Rumah Belajar berupa Peta Budaya, Edugame dan Radio Edukasi.

Peserta terlihat antusias dan langsung mencoba membuka fitur di laptop


DOKUMENTASI SELENGKAPNYA DAPAT DILIHAT DI SINI

Absensi Kegiatan :





Posting Komentar untuk "PENGIMBASAN SERI - 4 = JEPA Menyapa KKG Ki Hajar Dewantara"