BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

Menuju Seleksi DRB 2021

Perjalanan panjang PembaTIK tahun 2021 telah memasuki babak akhir, setelah melewati rangkaian level dan jenjang yang berbeda. Berawal dari April - Juni Level 1 (literasi) resmi dimulai, pada level ini para peserta hanya difokuskan pada literasi tentang pengenalan Rumah Belajar dan yang terkait dengannya.

Selanjutnya, pada Mei - Agustus PembaTIK memulai babak barunya yaitu Level 2 (tahap implementasi), pada tahapan ini peserta diisi oleh guru - guru yang telah menyelesaikan dan dinyatakan lulus pada level 1. Pada tahap implementasi ini, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan dan menjalankan berbagai fitur yang telah dipelajari pada level 1. Pada level 2 ini peserta diwajibkan menyelesaikan salah satu tugas akhir yaitu pembuatan video pembelajaran yang kemudian diunggah ke Portal Rumah Belajar.

Pada tahapan selanjutnya, peserta yang dinyataan lulus pada level 2, dapat mengikuti Level 3 yaitu tahap Kreasi yang mana prosesnya dilaksanakan pada bulan september. Pada tahap ini para peserta PembaTIK level 3 diharapkan mampu mengreasikan dan menghasilkan sebuah karya untk kemudian dibagikan pada portal Rumah Belajar. Pada tahap ini peserta diharuskan membuat Media Pembelajaran Interaktif (MPI) berdasarkan jenjang dan Mata Pelajaran masing - masing pesserta.

Setelah, serangkaian tahapan dan level tersebut peserta yang lulus pada level 3 kemudian diseleksi menjadi 30 besar yang selanjutnya menjadi Sahabat Rumah Belajar. setelah menyelesaikan berbagai tahapan di level 4 (berbagi dan berkolaborasi), maka terpilihkah 5 besar calon Duta Rumah Belajar (DRB).

Sebuah proses yang cukup panjang tersebut mendekati "klimaksnya", saya sebagai salah satu peserta yang lolos dalam 5 besar CDRB, merasa sangat termotivasi untuk mengikuti dan menyelesaikan tahapan ini dengan baik. Tahapan dimulai pada hari ini, 18 November 2021 melalui moda daring "Zoom Meet", para calon DRB dari 34 Provinsi mengikuti kegiatan penjelasan teknis dari Pusdatin terkait tahapan pelaksanaan seleksi Duta Rumah Belajar.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 wib tersebut diawali pembukaan oleh Ibu Nissa madani selaku host, kemudian dilanjutkan penjelasan teknis oleh Bapak Arief Darmawan (Pusdatin Kemdikbudristek RI). Selanjutnya secara berurutan Derry Devanda (DRB Sumatera Utara) dan Fakhruddin (DRB Jawa Tengah) memberikan tips dan trik menghadapi tahapan wawancara.

Pada kegiatan tersebut, peserta juga terlibat secara interaktif pada sesi tanya - jawab dengan para narasumber. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.



Posting Komentar untuk "Menuju Seleksi DRB 2021"