BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

Belajar Asyik dengan Rumah Belajar

 

Dalam rangka mendukung kelancaran proses pembelajaran, baik pembelajaran dari rumah, maupun pembelajaran di sekolah secara terbatas, maka pemerintah melalui Kemdikbud meluncurkan portal Rumah Belajar.

RUMAH BELAJAR merupakan hasil pengembangan portal sebelumnya yang diluncurkan pada 15 Juli 2011, berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Pada menu Fitur Utama terdapat empat kelompok konten, yaitu :
  1. Sumber Belajar, 
  2. Kelas Maya,
  3. Bank Soal,
  4. Laboratorium Maya,

Sedangkan pada menu Fitur Pendukung, terdapat delapan kelompok konten, yaitu: 

  1. Peta Budaya,
  2. Wahana Jelajah Angkasa,
  3. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan,
  4. Buku Sekolah Elektronik,
  5. Karya Bahasa dan Sastra,
  6. Blog Pena,
  7. Edu Game,
  8. Augmented Reality.
Beberapa Fitur Rumah Belajar
Selain itu, Rumah Belajar juga memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital. Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara komprehensif. Segala fasilitas yang ada di portal Rumah Belajar dapat diakses dengan gratis oleh Guru, Siswa, ataupun Masyarakat umum, cukup dengan mengunjungi (https://belajar.kemdikbud.go.id/).
Untuk Guru pada saat pendaftaran menyediakan NUPTK, untuk Peserta Didik menyediakan NISN, dan untuk masyarakat umum menggunakan NIK.

Saat ini Portal Rumah Belajar juga sudah bisa diakses dengan menggunakan akun SSO yaitu akun belajar.id yang memudahkan pengguna cukup dengan satu akun untuk mengakses fitur - fitur rumah belajar.
Portal Rumah Belajar merupakan salah satu inovasi pembelajaran Kemdikbud di era industri 4.0. 
*** Ayo Instal Rumah Belajar!!! 


Posting Komentar untuk "Belajar Asyik dengan Rumah Belajar"