BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

Tips yang Belum Menyelesaikan Pendaftaran IKM

Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara Mandiri Tahun Ajaran 2023/2024 telah ditutup pada 14 April 2023 pukul 23:59. Bagi satuan pendidikan yang belum sempat mendaftar untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, dapat melakukan pendaftaran di tahun depan.

Dikutip dari portal pendaftaran kurikulum merdeka. Ada beberapa informasi yang perlu diketahui terkait penutupan pendaftaran Kurikulum Merdeka berdasarkan status pendaftaran masing-masing: 

Khusus bagi Satuan Pendidikan yang Terkendala Melakukan Pendaftaran

Bagi Bapak/Ibu Kepala sekolah yang mendapat kendala pendaftaran seperti di bawah ini :

Terima kasih atas antusiasme Anda dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kami informasikan bahwa pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 telah ditutup pada 14 April pukul 23:59. Bagi satuan pendidikan yang belum sempat mendaftar untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, dapat melakukan pendaftaran di tahun depan. Mari bersama-sama mewujudkan pembelajaran berkualitas bagi semua melalui Kurikulum Merdeka. 

Berikut ini adalah informasi yang perlu Anda ketahui terkait penutupan pendaftaran Kurikulum Merdeka berdasarkan status pendaftaran masing-masing: 

Satuan Pendidikan yang Terkendala Melakukan Pendaftaran 

Khusus bagi kepala satuan pendidikan yang mengalami kendala pendaftaran sebagaimana tampilan di atas dan telah mengajukan permohonan akses melalui formulir (http://bit.ly/KendalaAksesPendaftaranKM) atau Pusat Bantuan sebelum 14 April pukul 23:59, maka akan diberikan masa tenggang maksimal hingga 5 Mei 2023.

Perlu diketahui bahwa Anda tidak akan mendapat notifikasi atau pemberitahuan lebih lanjut jika kendala Anda selesai dicek. Oleh karena itu, harap cek secara mandiri perangkat Anda secara berkala (1x sehari) dengan langkah-langkah berikut: 

  1. Hapus riwayat internet pada perangkat Anda
  2. Login kembali ke Platform Merdeka Mengajar 
  3. Coba daftar kembali dengan klik Mulai Pendaftaran atau Lakukan Refleksi. Jika lulus pemeriksaan, maka Anda dapat melakukan pendaftaran. 

Namun, Jika setelah 25 April, Anda (yang sudah mengajukan akses sebelum 14 April) masih belum bisa melakukan pendaftaran, silakan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Pastikan Anda menggunakan aplikasi Merdeka Mengajar minimal versi 1.25.0 bagi Anda yang menggunakan gawai Android (Lihat cara update versi pada tanya jawab di bawah halaman ini) atau dapat melalui web https://guru.kemdikbud.go.id/pendaftaran-ikm bagi Anda yang menggunakan iOS atau laptop
  • Hapus riwayat internet Anda
  • Masuk/login kembali ke platform Merdeka Mengajar

Apabila kendala masih dialami setelah mencoba langkah di atas, silakan hubungi bantuan dengan menekan tombol Pusat Bantuan pada laman ( https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/ ) di kanan bawah halaman ini dengan memberikan informasi berikut:

  • Data satuan pendidikan yang ingin didaftarkan:
    • Akun belajar.id milik kepala sekolah/Plt 
    • NPSN  
  • Apakah Anda pernah mengisi formulir http://bit.ly/KendalaAksesPendaftaranKM?
    • Jika sudah, berikan informasi tanggal pengisian dan Akun belajar.id yang dimasukan ke formulir. Pada tahap ini tim kami perlu memastikan bahwa akun yang dimasukan ke formulir memang benar milik kepala sekolah/Plt. 
  • Lampirkan dokumentasi seperti bukti video berikut:
    • Video bukti login. Pada tahap ini kami perlu memastikan Akun belajar.id apa yang digunakan saat login
    • Video bukti saat mengakses halaman menu "Pengaturan" di platform Merdeka Mengajar. Pada tahap ini kami perlu memastikan Akun belajar.id yang mana yang muncul di profil platform Merdeka Mengajar Anda.
    • Video bukti saat mengakses halaman pendaftaran Kurikulum Merdeka

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa pengguna yang memiliki Akun belajar.id baru sehingga dukungan dokumentasi berupa video di atas diperlukan oleh tim kami untuk memastikan:

  • Apakah pengguna memiliki Akun belajar.id baru, namun yang terdeteksi di platform Merdeka Mengajar adalah Akun belajar.id yang lama.
  • Apakah pengguna sudah mengakses platform Merdeka Mengajar menggunakan versi terbaru. Sebab, pendaftaran hanya dapat dilakukan menggunakan aplikasi Merdeka Mengajar minimal versi 1.25.0 (update aplikasi melalui Play Store)

Posting Komentar untuk "Tips yang Belum Menyelesaikan Pendaftaran IKM"