BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

KODE INFO GTK TUNJANGAN PROFESI

Bapak/Ibu guru penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) jika membuka info GTK seringkali mendapat kode berupa angka terkait status validasi info GTK. Berikut penjelasan Keterangan Status data pada tunjangan profesi di info GTK. Perlu Bapak/Ibu ketahui bahwa Info GTK yang tertampil pada status validasi data Tunjangan Profesi berasal dari data yang dikirim sekolah melalui Aplikasi Dapodik. Status Validasi Data Tunjangan Profesi yang tertampil pada Info GTK berkaitan dengan proses pencairan tunjangan, apakah keterangan tersebut valid atau belum valid.

Validasi Data Guru pada Info GTK meliputi:

o Data Individu Berdasarkan Dapodik;

o Tugas Tambahan;

o  Status NUPTK Pada Database NUPTK;

o Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik;

o Rombongan Belajar;

o Verifikasi Data Tunjangan Profesi;

o Data Kehadiran Guru.

Keterangan Status Data

Untuk mengetahui keterangan status data pada tunjangan profesi, maka Bapak/Ibu Guru dapat melihat uraian berikut ini.

Uraian status data kelulusan sertifikasi pendidik menunjukkan angka berapa dan apa isi Keterangan yang disajikan pada lembar tersebut. Jika status data menunjukkan angka:

o   Status Data: 1 = Keterangan: Data dapodik belum terbaca

o   Status Data: 2 = Keterangan: Belum lolos verifikasi dan validasi perlu perbaikan data (lihat lembar info pada tab verifikasi tunjangan profesi)

o   Status Data: 4 = Keterangan: Belum valid (Kordinasi dengan OP Tunjangan)

o   Status Data: 6 = Keterangan: Tidak aktif/Pensiun

o   Status Data: 7 = Keterangan: Menunggu periode generate SKTP

o   Status Data: 8 = Keterangan: Sudah terbit SKTP

o   Status Data: 16 = Keterangan: SKTP belum dapat diterbitkan karena belum diusulkan operator tunjangan profesi dinas, silahkan hubungi dinasnya

o   Status Data: 19 = Keterangan: Telah memiliki beban tugas minimal 24 jam tatap muka dalam 1 jenis mata pelajaran namun tidak sesuai dengan sertifikat yang dimiliki, jika memiliki ijazah s1 yang sesuai dengan mapel yg di ampu silahkan memverifikasi melalui dinas pendidikan.

Keterangan status data tunjangan profesi juga berkaitan dengan verifikasi data tunjangan profesi. Ada 7 tahapan verifikasi, jika salah satu dari 7 data tersebut ada yang bersilang merah, maka status validasi data tunjangan profesi pasti dinyatakan belum valid pada nfo GTK.

Berikut 7 uraian yang tertampil pada verifikasi data tunjangan profesi jika sudah valid dengan status data tercentang hijau semua:

o   Beban Mengajar = Keterangan: Jam Linier Sudah mencukupi

o   Keaktifan = Keterangan: Dinyatakan aktif oleh BKN

o   Kelengkapan Data = Keterangan: Data Sudah Lengkap

o   Kelulusan Sertifikasi = Keterangan: Sudah Sertifikasi dengan kode (sesuai kode di atas)

o   Kepegawaian = Keterangan: NIP ditemukan pada data BKN

o   NUPTK = Keterangan: NUPTK Valid

o   Usia = Keterangan: Belum Pensiun.

Jika status validasi data tunjangan profesi yang tertampil pada info GTK VALID, maka siap untuk di SK-kan dan Bapak/Ibu guru tinggal menunggu proses pencairan yang akan masuk pada masing-masing rekening yang dilakukan oleh dinas daerah masing-masing.

 


Posting Komentar untuk "KODE INFO GTK TUNJANGAN PROFESI"