BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

TUTORIAL MENDAFTAR PEMBATIK 2022

 

TUTORIAL MENDAFTAR PEMBATIK 2022

Pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, mengembangkan keterampilan dalam bidang TIK (ICT aquisition), serta untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut memiliki kompetensi memanfaatkan TIK yang memadai sebagaimana dinyatakan pada Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang diaktualisasikan terutama untuk kepentingan pembelajaran (kompetensi pedagogik) dan untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri (kompetensi profesional).

Pusdatin Kemendikbudristek (dahulu Pustekkom Kemendikbud) sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam mendayagunakan TIK untuk layanan pendidikan dan kebudayaan telah mengembangkan program peningkatan kompetensi TIK guru melalui kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK).

PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran Berbasis TIK merupakan program peningkatan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level : Level Literasi, Implementasi, Kreasi dan Berbagi & Berkolaborasi (4i Levelling).

Berikut tahapan/tutorial pendaftaran program PembaTIK tahun 2022:

1.    Akses website https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id// dan Klik Login,

2.    Masuk menggunakan akun belajar.id,


3.    Lengkapi data identitas diri,

4.    Sinkronisasi akun Rumah Belajar dan Akun Simpatik,

5.    Pilih fitur guru,

6.    Isi formulir data,


Itulah tahapan (tutorial) pendaftaran PembaTIK tahun 2022.


Posting Komentar untuk "TUTORIAL MENDAFTAR PEMBATIK 2022"