BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

PENGIMBASAN SERI-2 = Rumah Belajar "Asyik" bagi Peserta Didik

 

Kita saat ini masuk kepada era revolusi industri 4.0, era dimana menjadi serba digital dalam berbagai hal, mulai dari urusan dapur sampai urusan pendidikan dan pelayanan lainnya.

Perkembangan alat komunikasi yang begitu canggih dan cepat telah merubah sistem dalam proses pengajaran dan pembelajaran di dunia pendidikan. Proses pembelajaran sudah tidak lagi didominasi dengan pertemuan secara langsung, tapi sudah bisa berkomunikasi bertatap muka secara langsung dengan menggunakan sebuah media teknologi dengan pemanfaatan aplikasi virtual meeting, komunikasi antara guru dan peserta didik sudah tidak lagi terbatas hanya di kelas, tetapi juga di dunia maya, dunia maya adalah dunia yang aktifitasnya dengan menggunakan serba online dan serba internet. Kita saat ini diarahkan untuk beralih kebisaaan dalam dunia pendidikan dikarenakan adanya pandemik menyebarnya virus covid -19 yang menyebar ke penjuru dunia, menyebar begitu cepat dan dahsyat mengguncang dunia dalam waktu yang singkat. Meskipun saat ini di beberapa daerah sudah mulai diterapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) akan tetapi pertemuan antara gru dan peserta didik belum mampu secara maksimal sebagaimana era normal sebelumnya, olehnya itu dibutuhkan sebuah terobosan untuk mengatasi hal tersebut. Kemendikbudristek RI melalui Pusdatin telah meluncurkan salah satu portal yang dapat mendukung pembelajaran siswa baik saat belajar dari rumah, maupun saat PTMT berlangsung.

Portal tersebut dapat diakses melalui mesin pencari atau peramban, serta dapat juga diinstal berupa aplikasi pada gawai Guru dan Peserta Didik.Aplikasi/portal tersebut bernama Rumah Belajar (www.belajar.kemdikbud.go.id).

Dalam rangka memperkenalkan Rumah Belajar pada peserta didik, maka kami mengadakan sosialisasi tentang pemanfaatan portal Rumah Belajar bagi peserta didik. Kegiatan tersebut berlangsung di UPTD SMP Negeri 3 Tobadak pada Senin, 08 November 2021.

Pada kegiatan tersebut peserta didik terlihat antusias mengikuti kegiatan, beberapa peserta didik mengungkapkan bahwa belajar dengan Rumah Belajar melalui Handphone menjadikan pembelajaran lebih asyik. Dari beberapa fitur yang diperkenalkan, peserta didik terlihat sangat antusias saat menggunakan fitur Jelajah Angkasa dan Peta Budaya.

Selain sosialisasi kepada Guru, sosialisasi kepada peserta didik ini penting dilakukan untuk menyelaraskan antara guru dan peserta didik dalam memanfaatkan Rumah Belajar untuk pembelajaran.


 

Posting Komentar untuk "PENGIMBASAN SERI-2 = Rumah Belajar "Asyik" bagi Peserta Didik"