BREAKING NEWS :
Loading...
SELAMAT DATANG DI BLOG PENA GURUKU

PENGIMBASAN SERI-3 : JEPA bersama PTK UPTD SMPN 1 Budong-budong

 JEPA BERSAMA PTK UPTD SMPN 1 BUDONG – BUDONG


Pandemi Covid-19 telah memberikan gambaran atas kelangsungan dunia pendidikan di masa depan melalui bantuan teknologi. Namun, kita menyadari bahwa teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran guru dalam kelas dan interaksi belajar antara pelajar dan pengajar, sebab edukasi bukan hanya sekedar bagaimana memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerja sama, serta kompetensi.

Situasi pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi kreativitas guru dan peserta didik dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan. Salah satu kreativitas yang dituntut saat ini adalah pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.

Berangkat dari kondisi tersebut, maka pada selasa, 09 Nopember 2021 bertempat di UPTD SMP Negeri 1 Budong – budong, bersama dengan rekan SRB lainnya (Bapak Hasrullah, S.Pd.,Gr.) kami melakukan pengimbasan terhadap Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan perwakilan peserta didik tentang pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan tersebut mengusung tema “JEPA (Jelajah Edukasi Pembelajaran Asyik) Bersama Rumah Belajar.

Pemaparan materi tentang fitur Rumah Belajar

Ada dua materi pokok yang kami sampaikan yaitu pemanfaatan portal Sumber Belajar dalam mendukung proses pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan PTMT, serta pemanfaatan akun belajar.id. Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala UPTD SMP Negeri 1 Budong – budong H.Suhardi, S.Pd.M.Pd. ini berlangsung pada pukul 10.00 wita sampai 12.50 wita dan dihadiri oleh 20 orang peserta. Dalam sambutannya, Kepala UPTD menyampaikan bahwa pentinganya seorang guru dalam meningkatkan kompetensinya salah satunya dengan aktif mengikuti pengembangan diri seperti pelatihan atau workshop. Pada kesempatan itu juga beliau memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada para Sahabat Rumah Belajar yang melakukan pengimbasan.

Pembukaan oleh Kepala UPTD SMPN 1 Budong-budong

Pendampingan cara pembuatan akun di Sumber Belajar

Pada saat kegiatan berlangsung terlihat antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan dan langsung mendemonstrasikan pemanfaatan berbagai fitur Rumah Belajar dan pemanfaatan akun belajar.id dalam pembelajaran.

Selain proses pendaftaran akun guru dan siswa di portal Rumah Belajar, beberapa fitur yang sempat didemonstrasikan di antaranya: Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Radio Edukasi, dan TV Edukasi.

Foto bersama beberapa peserta pengimbasan

Absensi Kegiatan :


 DOKUMENTASI KEGIATAN SELENGKAPNYA DAPAT DILIHAT DI SINI

 

Posting Komentar untuk "PENGIMBASAN SERI-3 : JEPA bersama PTK UPTD SMPN 1 Budong-budong"